Memasak dengan brokoli Tiongkok: ‘The kale of the east’

Saya terus menerus memiliki nafsu berkelana – bepergian ke negeri asing, mengumpulkan pengalaman baru, memasak makanan untuk orang lain, dan mencoba berbagai masakan yang menggetarkan saya melebihi kepemilikan materi apa pun. Pada kesempatan langka saya memiliki nostalgia untuk rumah, biasanya karena saya rindu makan sayuran dari kebun saya.

Banyak pelancong yang saya temui mengatakan hal yang sama: satu hal yang mereka lewatkan dari rutinitas sehari-hari mereka adalah makan sayur, yaitu sayuran berdaun hijau. Lucu bagaimana daun hijau dapat menambatkan Anda ke rumah.

Jadi makanan pertama saya setelah tiba di rumah selalu mencakup banyak brokoli Tiongkok, karena itulah yang saya tanam di kebun saya sepanjang tahun. Nama lucu, “brokoli Cina”. Saya tidak yakin bagaimana itu dikenal sebagai “Cina” – mungkin karena dianggap berasal dari Cina, meskipun dalam banyak dialek Cina terjemahan literalnya adalah “mustard orchid”. Saya sering bertanya-tanya bagaimana mungkin tanaman, orang, benda ditugaskan atau mengklaim kesetiaan nasional.

Brassica oleracea var. alboglabra umumnya ditemukan di seluruh masakan Asia: itu adalah kale dari timur, jika hal seperti itu dapat diklaim. Bergantung pada varietas (kami memiliki lebih dari enam jenis yang tumbuh di pertanian kami) mereka berkisar dalam skala dan warna, dari daun berukuran biru kehijauan hingga turun menjadi varietas kerdil, apel-hijau cerah. Tangkai mahkota luar bisa sedikit berkayu, tetapi dikupas jauh menunjukkan batang yang lembut, renyah, dan segar yang sebagian besar dimakan tumis atau dikukus.

Selain bawang merah, biasanya ini satu-satunya yang berwarna hijau yang akan Anda lihat di yum cha, dengan cepat direbus dan kemudian disiram dengan selimut saus tiram. Itu membuat istirahat indah dari semua protein dan pati sarat natrium yang membuat Anda memohon teh tanin terkuat.

Titik di mana saya suka mengambilnya – dilakukan dengan memanen dari simpul ketiga atau lebih di bawah tanaman – adalah ketika sekelompok kecil bunga mereka mulai terbuka. Sehari kemudian seluruh cluster akan mekar, dan meskipun tidak apa-apa untuk dimakan juga, ada yang merasa sedikit pahit.

Sedikit kepahitan tidak sakit. Ini menandakan keberadaan isothiocyanate, yang memiliki sifat anti-karsinogenik. Brokoli Cina juga kaya karoten, folat, dan vitamin A dan C. Kale bukan satu-satunya makanan super di keluarga ini.

Seorang sesama pelancong yang telah menjelajahi dunia untuk memasak badai Thailand adalah Andy Ricker. Dia menulis beberapa buku masak pemenang penghargaan James Beard tentang makanan Thailand, dan berada di belakang restoran Pok Pok di Portland, Oregon. Baru-baru ini kita membahas bagaimana makanan Thailand adalah contoh sempurna dari makan “nabati”, di mana daging dan lemak hewani adalah bagian kecil dari makanan, biasanya digunakan hemat dan kreatif: difermentasi, disembuhkan, atau dikeringkan. Ketika kami berbicara tentang padt siew, semua orang di meja langsung mengeluarkan air liur.
Iklan

Jika Anda belum tahu, ini adalah hidangan yang dipesan setiap anak (dan orang dewasa) di restoran Thailand dari Portland ke Sydney dan Bangkok.

Mulailah dengan beberapa lemak babi yang diberikan dan beberapa potong daging babi, arang bawang putih yang dihancurkan, dilemparkan ke dalam mie beras segar, kenyal, yang dipotong sendiri, dan brokoli Cina yang lebih lembut daripada yang mungkin bisa dipegang wajan Anda, bumbui dengan gelap yang manis kedelai, sedikit kecap ikan, sedikit gula adalah opsional tetapi membersihkan lada adalah suatu keharusan. Aduk, aduk, aduk dan aduk sampai sayuran layu dan mie mengambil smokiness dari wajan. Sajikan dengan cabai merah panjang yang diasamkan dalam cuka.

Saya tiba di rumah tempo hari karena berada di jalan selama lebih dari dua bulan. Saya pergi ke kebun untuk memanen sayuran, dan saya segera membuat tumis brokoli dan ikan teri Cina. Lalu aku benar-benar di rumah.
Brokoli Cina tumis dengan ikan teri (Padt Kha Naa pla kehm)
Untuk 2 porsi

7 batang brokoli Cina, bagian-bagian kayu yang dikupas kembali dan diiris menjadi potongan-potongan diagonal 8cm
5 siung bawang putih lokal segar dipukul dengan pangkal parang
2 cabai merah panjang diiris memanjang diagonal
4 potong ikan teri atau jari mackerel asin, cincang kasar
2 TB diberikan lemak babi yang dirumput
1.5tbs Braggs amino cair atau kecap asin
1 TB mirin
1tbs cuka beras
1tbs asin penyu hitam (ditemukan di pedagang Asia – minta Dau-si)

Dalam wajan yang sangat panas di atas elemen panas tertinggi, tambahkan lemak babi, bawang putih dan kacang hitam diaduk hingga berwarna keemasan. Tambahkan teri dan cabai, aduk beberapa kali sampai teri sedikit terurai lalu tambahkan brokoli Cina, lalu semua sausnya. Aduk sampai daunnya dilapisi dengan saus dan kemudian tutup wajan dan biarkan layu selama satu menit.

Sajikan dan makan segera!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *